SIAPA BILANG CUMAN ORANG KAYA YANG BISA JALAN2, AKU GEMBEL TAPI AKU BISA JALAN2

Rabu, 07 Oktober 2009

Pelabuhan Paotere


Suku Bugis, Makassar, dan Mandar terkenal sebagai pelaut. Perahu layar mereka sejak beratus tahun silam telah berlayar sampai ke Madagaskar dekat Afrika, ke Australia, dan beberapa pulau kecil di samudera Pasifik. Mereka adalah pelaut yang perkasa, baik kala
perang maupun di masa damai.


Dengan perahu tradisionalnya dan kecakapannya menentukan arah dengan melihat pada bintang, meramalkan angin dan badai dengan melihat gumpalan awan, mengenal arus laut, kedalamannya, daerah karang yang berbahaya dengan mencium aroma air laut.


Paotere adalah tempat berlabuhnya perahu layar orang-orang Sulawesi dari berbagai penjuru Indonesia. Banyak jenis perahu yang berlabuh di sini, beberapa di antaranya perahu kecil dengan layar tunggal, beberapa perahu lagi dengan layar dan mesin, seperti phinisi, lambo, dan beberapa jenis lainnya.


Sangat mengagumkan melihat pemandangan tiang-tiang perahu yang besar bersebelahan dengan mesjid dan rumah-rumah di pantai, buruh pelabuhan yang memuat dan membongkar muatan, serta banyak perahu tradisional bercadik yang lalu-lalang di ufuk senja di depan pelabuhan.


Pemandangan ini akan lebih jauh indah lagi apabila senja datang dengan panorama matahari tenggelam yang memancarkan warna yang sangat memukau.
sumber :kotadaeng.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentarlah yang sopan dan beretika, Sesuai Asas Saling menghargai sesama manusia