SIAPA BILANG CUMAN ORANG KAYA YANG BISA JALAN2, AKU GEMBEL TAPI AKU BISA JALAN2

Rabu, 07 Oktober 2009

Akkarena pesona pantai makassar


satu lagi pesona pantai santai diperkenalkan kota Makassar kepada publik Indonesia dan internasional. Pantai Akkarena terletak di sepanjang Jalan Metro, Kecamatan Tamalate, sekitar 3 km dari pusat kota Makassar.


Total wilayah pesisir
Tanjung Bunga yang dikembangkan sebagai Pantai wisata Keluarga Akkarena ini mencapai 10 Ha. Dengan keindahan panorama pantainya serta matahari terbenam, Pantai Akkarena menawarkan berbagai sarana untuk bersantai, bermain dan berolah raga bagi seluruh keluarga.


Sebelumnya Akkarena dikenal sebagai pantai indah yang sering disalahgunakan oleh kaum muda. Sejak Juni tahun 1998, sebuah Taman Hidangan seluas 450 m2 di Pantai Akkarena dengan gaya bangunan Mediterania. Taman Hidangan Akkarena di pesisir pantai dengan sajian makanan dan minuman lokal maupun Internasional serta dilengkapi hiburan berupa live musik dan panggung terbuka.


Seiring dengan hilangnya predikat negatif dari nama Akkarena, pantai ini berubah menjadi tujuan wisata alternatif bagi keluarga-keluarga di Makassar. Tiap akhir Minggu atau liburan sekolah, Pantai Akkarena selalu dipadati keluarga-keluarga yang mengajak anak dan sanak saudara serta untuk mengisi waktu luang.


Melihat kemajuan ini, pemerintah setempat melihat adanya kemungkinan untuk mengembangkan Pantai Akkarena sebagai tempat wisata berskala nasional, bahkan internasional. Langkah pertama mewujudkan hal ini adalah menarik retribusi sebagai usaha pengumpulan dana untuk pembangunan kawasan Akkarena lebih lanjut. Saat ini, tiap pengunjung dipungut biaya sebesar Rp4000,00 untuk karcis masuk dan Rp2000,00 untuk parkir mobil atau Rp1000,00 untuk motor.


Hasilnya, Pantai Akkarena saat ini berkembang sebagai pantai tercantik di kota Makassar dengan berbagai fasilitas yang ada. Nama resmi Pantai Akkarena telah diubah sebagai Pusat Rekreasi Keluarga Akkarena.


Salah satu fasilitas yang menyajikan keindahan adalah kehadiran sebuah dermaga laut yang kini menjadi landmark Pantai Akkarena. Pengelola telah membangun sebuah dermaga yang seper panjang dan lebar dengan ukuran panjang 150 meter dan lebar 5 meter. Selain untuk menikmati keindahan matahari terbenam di perairan Selat Makassar, dermaga ini juga digunakan untuk pendaratan kapal-kapal wisata berukuran kecil & sedang.


Selain dermaga, terdapat juga berbagai fasilitas pendukung untuk rekreasi pantai, wisata memancing ke pulau-pulau di sekitar pantai, ruang lokker, ruang ganti dan ruang bilas serta permainan anak. Beberapa fasilitas permainan dan rekreasi yang disediakan di Pantai Akkarena antara lain jetski, banana boat, speed boat, boat kecil.


Di sekitar taman hidangan, tersedia fasilitas untuk kegiatan outbond dan meeting. Pengelola menyediakan tempat kegiatan, baik di dalam maupun di luar area taman hidangan dan fasilitas pendukung seperti soundsystem dan katering dengan variasi menu yang lezat. Makanan favorit pengunjung kawasan Akkarena adalah pisang goreng dan ubi goreng dipadukan dengan kopi hangat


Beberapa sarana dan prasarana yang disediakan di sepanjang pantai yakni plaza oval, menara air, taman bermain anak-anak, restoran, pusat permandian, meeting room, poliklinik, serta lapangan untuk voli pantai.


Pantai Akkarena dibuka antara pukul 7 pagi sampai10 malam pada hari kerja dan antara pukul 6 pagi sampai 12 malam. Hal ini memungkinkan anda untuk menikmati romantisnya suasana dan angin laut sepoi-sepoi Pantai Akkarena waktu malam. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pengunjung diminta untuk tidak bermalam di pantai ini.......


Sumber: Dari berbagai sumber

1 komentar:

Berilah komentarlah yang sopan dan beretika, Sesuai Asas Saling menghargai sesama manusia